6 Rekomendasi Website Pinjaman Online OJK Langsung Cair

Jaman sekarang sangat mudah mencari website pinjaman online, sudah tidak sulit lagi mendapatkan pinjaman ketika ada kebutuhan mendadak. Salah satu jalan keluar yang bisa Anda dapatkan adalah dengan meminjam di website pinjaman online.

Cara ini dianggap cukup mudah karena bisa mendapat pinjaman uang dalam waktu singkat. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman secara online, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Website Pinjaman Online

Website pinjaman online merupakan platform dimana penggunanya bisa mengajukan pinjaman dana kepada perusahaan pemilik website tersebut.

Proses peminjamannya juga dipermudah dengan system online tanpa harus datang untuk tatap muka. Tetapi untuk keamanan, tentunya banyak persyaratan yang harus Anda penuhi dan telah ditentukan oleh pihak perusahaan.

Perbedaan Website Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Website pinjaman online ilegal
Website pinjaman online ilegal

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan peminjaman dana di pinjaman online, ada baiknya lebih teliti lagi supaya tidak salah pilih dan malah melakukan pinjaman di website pinjaman online illegal.

Hal ini karena pihak pinjaman yang ilegal pasti akan merugikan dan bisa membahayakan diri Anda. Simak perbedaan pinjaman online antara yang legal dengan ilegal berikut ini.

• Apakah Terdaftar di OJK?

Hal pertama yang harus Anda cek adalah ada atau tidaknya nama website pinjaman online tersebut di OJK. OJK sendiri merupakan lembaga yang tugasnya mengatur dan memantau kondisi pasar uang, aktivitas perbankan, pasar modal, IKNB, sekaligus lembaga pinjaman online.

Disini OJK berfungsi sebagai pelindung nasabah dari penipuan yang merugikan. Pemberian izin operasi oleh OJK juga tidak bisa main-main, jadi kalau website pinjamannya illegal, sudah pasti tidak lolos izin OJK.

BACA JUGA:  Dana Talangan Plafon 3 Milyar di Jakarta

• Bunga Pinjaman

Informasi jumlah bunga dari pihak website pinjaman online harus jelas. Soalnya kalau tidak ada kejelasan, bisa diindikasikan website tersebut memberikan pinjaman illegal.

Salah satu ciri pinjaman online yang diindikasikan illegal adalah memberikan bunga pinjaman yang cukup tinggi, bahkan ada yang memberikan bunga ketika Anda sudah mengambil dana pinjaman. Jadinya, pengguna merasa terjebak dan tidak bisa membatalkan pinjaman.

• Kredibilitas Perusahaan Peminjaman

Perbedaan dari website pinjaman online yang legal maupun ilegal bisa dilihat dari kelengkapan identitas dan kredibilitas dari perusahaan tersebut.

Biasanya, website pinjaman yang aman pasti sudah terdaftar di OJK, kemudian memberikan informasi perusahaan yang jelas mengenai alamat kantor, email, pengurus perusahaan, CS, ataupun layanan media sosial lainnya.

Atau Anda juga bisa mencari informasi testimoni mengenai kredibilitas dari sebuah perusahaan pinjaman online.

• Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Perbedaan yang juga harus Anda sadari disini adalah persyaratan dalam pengajuan pinjaman. Website pinjaman online OJK biasanya akan memberikan persyaratan lengkap di depan, tidak ada susulan berkas yang harus dimasukkan lagi.

Tetapi kalau Anda menemukan persyaratan pinjaman online terlalu simpel seperti hanya butuh KTP dan nomor rekening saja, ini harus diwaspadai. Apalagi dengan iming-iming pencairan dana besar dan cepat.

• Penagihan Pinjaman

Perbedaan website pinjaman online yang legal dan illegal biasanya juga bisa dilihat dari cara penagihan pinjaman.

Kalau Anda meminjam dana di perusahaan pinjaman online yang resmi atau legal dan lewat jadwal pembayaran tagihan, maka akan menerima resiko maksimal 90 hari sampai dimasukkan dalam daftar hitam, sehingga tidak bisa meminjam lagi di perusahaan tersebut. bahkan bisa juga tidak dapat meminjam di tempat lain.

Sedangkan tempat peminjaman online illegal biasanya kalau sampai Anda telat bayar, maka akan dipermasalahkan. Tidak hanya itu, Anda biasanya juga akan mendapatkan ancaman, penghinaan, pencemaran nama baik, bahkan yang lebih parah adalah penyebaran data pribadi sampai membuat Anda malu.

BACA JUGA:  Dana Funder 500 Juta 3 Hari Cair Jaminan Dokumen SPPK

Syarat-syarat yang Harus ada Supaya Pinjaman Online Langsung Cair

Pinjaman online via web langsung cair
Pinjaman online via web langsung cair

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi supaya pengajuan ke website pinjaman online langsung cair. Selain memang persyaratan umumnya banyak, ada beberapa hal yang harus Anda patuhi atau lakukan supaya pihak perusahaan pinjaman online bisa menyetujui permohonan Anda. simak apa saja syarat tersebut disini.

• Persiapkan Dokumen-dokumen Resmi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melengkapi data dan dokumen yang disyaratkan. Website pinjaman online yang resmi sudah diawasi OJK sehingga aman untuk memasukkan beberapa data pribadi Anda.

Tentu saja tanpa identitas lengkap tersebut, akan susah untuk mendapatkan pencairan dana. Contoh dari dokumen yang harus ada biasanya adalah KTP, NPWP, slip gaji, dan masih banyak lagi sesuai dengan permintaan perusahaan peminjaman.

• Punya Riwayat Pinjaman Baik

Anda juga harus memiliki riwayat peminjaman yang baik supaya perusahaan pinjaman online bisa lebih mudah percaya untuk mencairkan dana pinjaman. Akan sangat bagus kalau sebelumnya Anda belum pernah melakukan pinjaman ataupun tidak punya riwayat tunggakan di pinjaman sebelumnya.

Oleh karenanya, kalau Anda masih mempunyai tunggakan cicilan yang belum lunas, segera selesaikan supaya dana pinjaman lainnya segera dicairkan.

• Data yang Dikirim Harus Di Scan

Oleh karena Anda akan melakukan pinjaman di website pinjaman online, jadi semua data sebelumnya harus di scan terlebih dahulu kemudian diupload pada kolom website peminjaman yang telah disediakan.

Jangan lupa untuk memperhatikan format yang diminta, contohnya saja beberapa dokumen diminta dalam bentuk PDF, sedangkan foto KTP, pas foto biasanya diminta format JPG. Kalau sampai salah, dokumen yang diupload biasanya tidak akan terdeteksi oleh system.

BACA JUGA:  9 Tips Memilih Pinjaman Uang Cepat dan Terpercaya

• Sudah Cukup Umur

Seseorang yang ingin melakukan peminjaman dana baik secara online maupun offline haruslah yang sudah cukup umur.

Batas usia termuda biasanya tergantung dari perusahaan pinjaman online-nya, tetapi umumnya adalah pada jenjang usia 21 sampai dengan 60 tahun. Batas usia ini dianggap orang atau calon peminjam dana sudah cakap dalam bertanggung jawab sendiri untuk menanggung kewajibannya dalam melunasi pinjaman.

• Ada Pekerjaan dan Penghasilan Tetap

Biasanya, pihak penyedia jasa pinjaman online akan meminta Anda untuk memasukkan data pekerjaan atau penghasilan dalam website pinjaman online-nya.

Tentu saja ini untuk penjamin Anda bisa membayar tagihan pinjaman di masa depan. Bukti yang harus diberikan adalah slip gaji yang disertakan dalam syarat-syarat pengajuan pinjaman lainnya.

• Aktif Menjawab Pesan dan Telepon

Anda juga harus memasukkan nomor telepon dan email yang aktif serta mudah dihubungi. Hal ini bertujuan untuk menerima semua informasi sebelum Anda menerima dana pinjaman.

Biasanya sudah ada kotak yang tersedia dalam form website pinjaman online yang bisa Anda isi email dan nomor aktif. Setelah itu, jangan lupa aktif dan responsif menerima pesan dari CS supaya ada gambaran bahwa Anda adalah peminjam yang kooperatif.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman melalui website pinjaman online.

Selain itu, biasanya Anda juga harus sudah mempunyai rekening bank untuk memudahkan transfer dana pinjaman kalau sudah disetujui untuk cair. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati terhadap tempat pinjaman illegal dengan ciri-ciri yang telah disebutkan diatas.

Incoming search terms:

pinjaman online web language:id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!