4 Rekomendasi Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Terbaik

Pinjaman koperasi tanpa jaminan merupakan salah satu alternatif yang sering dilakukan oleh orang yang sedang membutuhkan banyak dana dengan waktu dan cara yang cepat. Koperasi menjadi tempat kedua yang bisa Anda pilih untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan setelah bank.

Umumnya, mengajukan pinjaman tanpa jaminan di bank akan lebih susah dan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman di koperasi. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pinjaman koperasi tanpa jaminan, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Apa Itu Pinjaman Tanpa Jaminan?

Pinjaman tanpa jaminan tidak jauh berbeda dengan kredit tanpa agunan (KTA). Pinjaman tanpa jaminan ini merupakan salah satu produk bank yang ditawarkan kepada para nasabah yang sedang membutuhkan pinjaman dana besar dalam waktu yang cepat.

Sama seperti namanya, pinjaman tanpa jaminan ini tidak memerlukan jaminan apapun kepada nasabah yang mengajukan, sehingga jika Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan, Anda tidak perlu memberikan dokumen-dokumen berharga, seperti BPKB atau sertifikat rumah ke pihak bank.

Saat ini, pinjaman tanpa jaminan tidak hanya bisa dilakukan di bank saja, namun bisa juga Anda lakukan di koperasi. Pada umumnya, mengajukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi akan lebih mudah dilakukan dan cepat diproses jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi.

Syarat Pengajuan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Contact pinjaman koperasi
Contact pinjaman koperasi

Jika Anda sedang mencari pinjaman koperasi tanpa jaminan, maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal berikut sebagai syarat mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan :

1. Anda harus terdaftar terlebih dahulu sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi;
2. Anda bisa mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman;
3. Fotokopi KTP;
4. Fotokopi NPWP untuk syarat pinjaman dana di atas Rp 50 juta;
5. Fotokopi KK, Buku Rekening, dan Buku Pensiun (jika diperlukan);
6. Berkas-berkas pendukung lainnya, seperti berkas aset yang bisa dijaminkan. Misal BPKB, sertifikat tanah, sertifikat deposito, dan yang lainnya jika Anda ingin meminjam dana untuk kebutuhan bisnis.

BACA JUGA:  Pinjaman Dana Bridging Jaminan SHM Diskonto Paling Murah

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Setelah memenuhi syarat-syarat yang disebutkan di atas, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Datangi koperasi tempat Anda ingin mengajukan pinjaman dan serahkan berkas persyaratan yang telah disiapkan sebelumnya;

2. Setelah itu, Anda bisa menjelaskan alasan-alasan mengapa Anda meminjam dana dan untuk apa dana itu akan digunakan;

3. Selanjutnya berkas pengajuan pinjaman tersebut akan diperiksa oleh pengurus koperasi. Dalam hal ini, berkas-berkas Anda akan dipertimbangkan apakah sudah sesuai dan layak untuk mendapatkan pinjaman koperasi atau tidak;

4. Jika pengajuan pinjaman dana Anda disetujui, maka pencairan dana nantinya akan disesuaikan dengan kesepakatan yang sudah ada di dalam akad pinjaman koperasi;

5. Sebelum dicairkan, Anda juga harus menyetujui kontrak mengenai bagi hasil dan juga besarnya cicilan yang harus Anda bayar per bulannya.

6. Jika sudah, maka Anda hanya perlu menunggu proses pencairan dana selesai.

Kelebihan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pinjaman koperasi online tanpa biaya admin
Pinjaman koperasi online tanpa biaya admin

Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan saat mengajukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi :

1. Syarat Pengajuan Lebih Sederhana

Kelebihan yang pertama adalah syarat pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan lebih mudah jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman di bank. Untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan di bank, Anda harus memiliki penghasilan minimal 3 juta per bulan.

Sedangkan pengajuan pinjaman tanpa jaminan di koperasi tidak ada syarat minimal penghasilan, sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan.

BACA JUGA:  Kredit Rekening Koran Plafon 15 Miliar

2. Peluang Memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi

Keuntungan selanjutnya adalah memiliki peluang untuk memperoleh Sisa Hasil Usaha(SHU) koperasi. Bagi Anda yang belum tau, SHU adalah sisa pendapatan koperasi yang dibagikan pada anggota koperasi. Jika Anda memilih untuk meminjam dana di koperasi, maka alangkah lebih baiknya jika Anda bergabung menjadi anggota secara maksimal.

Anda juga bisa untuk melakukan investasi di koperasi tersebut, karena jika Anda berpartisipasi dalam modal yang berpengaruh terhadap pendapatan koperasi, maka kemungkinan SHU yang Anda terima juga akan semakin besar.

3. Proses Pencairan Dana Cepat

Keuntungan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah proses pencairan dananya yang terhitung cepat jika dibandingkan dengan di bank.

Pencairan dana pinjaman di bank biasanya akan dilakukan pada hari ke-14 setelah permohonan pinjaman dana diajukan, sedangkan untuk pencairan pinjaman dana pinjaman koperasi tanpa jaminan umumnya lebih cepat. Namun ada juga beberapa koperasi yang hanya mencairkan dana di tanggal-tanggal tertentu.

Jika Anda sudah tergabung menjadi anggota koperasi dan sudah menjadi peminjam yang terpercaya, maka proses pencairan dana pun bisa dilakukan lebih cepat, bahkan ada koperasi yang dapat mencairkan dana pinjaman dalam waktu kurang dari satu hari.

4. Kemungkinan Ditolak Lebih Kecil

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah kemungkinan penolakan pengajuan pinjaman yang lebih kecil. Jika Anda mengajukan pinjaman dana di bank maka seringkali terjadi penolakan setelah menunggu selama 2 minggu dan terkadang dengan alasan yang tidak jelas.

Sedangkan pengajuan pinjaman dana di koperasi akan lebih besar peluang diterimanya, asalkan nominal dana yang diajukan sesuai dengan kondisi keuangan koperasi saat itu.

Kekurangan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pinjaman koperasi syariah
Pinjaman koperasi syariah

Berikut adalah beberapa kekurangan yang akan Anda dapatkan jika mengajukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi :

BACA JUGA:  Tahapan Pencairan Pinjaman Dana Talangan Jaminan SPPK/SP3K

1. Plafon Pinjaman Lebih Sedikit

Kelemahan pertama dari pinjaman koperasi tanpa jaminan adalah plafon pinjaman yang lebih sedikit dibandingkan dengan bank. Pinjaman tanpa jaminan di bank biasanya akan menawarkan plafon hingga puluhan juta rupiah, sedangkan di koperasi plafon pinjaman cenderung lebih rendah.

Hal tersebut terjadi karena koperasi memiliki dana yang terbatas dan tidak pasti, sehingga besar dana pinjaman akan ditentukan dari kondisi keuangan koperasi pada saat itu.

2. Beberapa Penipuan Atas Nama Koperasi

Kelemahan selanjutnya adalah penipuan yang terjadi dengan mengatasnamakan koperasi tertentu. Sebelum melakukan pengajuan pinjaman tanpa jaminan ke koperasi, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai koperasi tersebut, apakah sudah terjamin aman dan memiliki banyak anggota atau tidak.

Anda juga bisa melakukan riset dengan mencari sumber di internet. Saat ini, kecanggihan teknologi membuat Anda akan lebih mudah dalam menemukan apapun, termasuk segala macam penipuan atas nama koperasi yang pernah terjadi.

Jika Anda mendapatkan tawaran pinjaman yang menjanjikan pencairan dana cepat dengan syarat yang mudah, maka sebaiknya Anda tidak mengambil pinjaman tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai pinjaman koperasi tanpa jaminan, mulai dari syarat dan cara pengajuan hingga kelebihan dan kekurangan dari pinjaman koperasi tanpa jaminan.

Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan terdekat dengan membawa persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Namun dengan catatan Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa koperasi yang Anda tuju merupakan koperasi yang aman, terjamin, dan terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!