4 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Anda tentu tahu bahwa asuransi jiwa berfungsi untuk menghindari seseorang dari resiko kerugian finansial, pada saat mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan cacat fisik, atau bahkan resiko kematian.

Untuk membantu Anda dalam memilih asuransi jiwa terbaik yang sesuai kebutuhan, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini hingga selesai.

Jenis dan fungsi Asuransi Jiwa

Cara daftar asuransi jiwa
Cara daftar asuransi jiwa

Sebelum mencari tahu dan memilih asuransi jiwa terbaik di Indonesia ada baiknya jika Anda mengenal tentang aneka jenis serta fungsi dari asuransi jiwa terbaik terbaik yang ditawarkan oleh pihak jasa asuransi.

1. Asuransi Jiwa Berjangka / Term Life

Salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa terbaik adalah Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life.

Dimana dalam asuransi jiwa kali ini, tidak lain adalah bentuk perlindungan jiwa untuk Anda dan keluarga dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan Anda sebagai pihak pemegang polis dan juga pihak perusahaan.

Adapun jangka waktu asuransi jiwa yang dimaksud, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, atau bahkan lebih. Selama melakukan asuransi jiwa yang satu ini, Anda wajib membayar premi di muka, setiap tahunya, selama periode tersebut berlangsung.

Yang perlu Anda ingat dalam hal ini, ketika polis tidak aktif, karena Anda lupa membayar premi, maka semua manfaat asuransi dan premi yang sudah dibayar sebelumnya akan hangus.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup / Whole Life

Adapun jenis asuransi jiwa terbaik berikutnya yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi adalah Asuransi Jiwa Seumur Hidup. Seperti namanya maka asuransi ini akan memberikan perlindungan pada Anda, sebagai orang yang tertanggung seumur hidup, bahkan hingga usia 100 tahun.

BACA JUGA:  7 Tips Mudah Mencari Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Dalam hal ini premi yang akan Anda bayar setiap bulannya sifatnya tetap, dan bisa dibilang asuransi yang satu ini, sama nilainya dengan sebuah tabungan.

Apabila polis tidak aktif, atau pihak tertanggung meninggal, maka pemegang polis tetap memperoleh nilai tunai yang dijanjikan. Namun sebenarnya nilai yang diberikan tidak utuh, karena sudah dikurang oleh beberapa biaya tertentu.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna / Endorsement

Adapun jenis asuransi jiwa terbaik berikutnya yang perlu ada ketahui adalah Asuransi Jiwa Dwiguna atau Endorsement. Dalam hal ini asuransi yang dimasud akan memberikan manfaat berupa proteksi sekaligus tabungan. Umumnya jenis asuransi seperti ini terdapat pada asuransi pendidikan.

Keuntungan yang didapat berupa perlindungan selama tertanggung masih hidup, hingga jatuh tempo atau sebelum meninggal, tepat sebelum waktu yang tertera pada polis itu sendiri.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Berikutnya ada Asuransi Jiwa Unit Link, dalam asuransi jiwa terbaik kali ini, Anda atau pihak pemegang polis akan memperoleh perlindungan baik pada diri sendiri atau juga keluarga sekaligus melakukan investasi.

Jadi keuntungan ketika melakukan jenis investasi seperti ini, maka pihak pemegang polis tidak hanya memperoleh pengembalian dana saja, namun juga tambahan dana dari hasil investasi yang dilakukan.

Cara Mencari Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan

Asuransi jiwa prudential
Asuransi jiwa prudential

Setelah memperoleh informasi tentang aneka jenis rekomendasi asuransi jiwa terbaik, maka berikutnya informasi yang Anda tunggu yaitu cara mencari asuransi jiwa terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain :

1. Lakukan riset tentang produk asuransi jiwa

Hal pertama ketika mencari asuransi jiwa terbaik adalah dengan melakukan riset tentang aneka produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa asuransi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya setidaknya ada 4 pilihan asuransi jiwa yang dapat Anda pilih. Namun beberapa jasa asuransi ada yang memiliki semua jenis asuransi tersebut, namun ada juga yang hanya mempunyai beberapa diantaranya.

BACA JUGA:  Mengenal Biaya Asuransi Mobil All Risk BCA Pada Fitur BCA Lifestyle

Jadi dalam hal ini Anda perlu mengetahui dengan jelas, jenis asuransi jiwa apa saja yang dimiliki oleh pihak penyedia jasa.

2. Sesuaikan dengan keperluan Anda

Adapun tips memilih asuransi jiwa terbaik berikutnya adalah memilih dan menyesuaikan asuransi jiwa yang ada dan pilih sesuai kebutuhan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setidaknya ada 4 jenis asuransi jiwa, dengan masing-masing mempunyai kelebihan yang berbeda-beda.

Kali ini Anda harus memilih jenis asuransi yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja ingin mengikuti asuransi Jiwa Unit Link, yang membuat Anda memperoleh dana tambahan dari hasil investasi, selain dari hasil polis.

3. Menganggarkan asuransi secara tepat

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi jiwa terbaik adalah menggunakan asuransi secara tepat.

Dalam masing-masing asuransi jiwa, besaran premi yang harus Anda bayar setiap bulannya berbeda. Jadi dalam hal ini, Anda perlu mencari tahu besaran premi yang harus dibayar, dan sesuaikan dengan keuangan Anda. Usahakan memilih besaran premi secara tepat, agar tidak mengganggu keuangan dan kebutuhan lainnya.

4. Pahami manfaat dan juga besaran uang pertanggungan

Memahami manfaat dan juga besaran uang pertanggungan juga perlu Anda perhatikan ketika memilih asuransi jiwa terbaik. Masing-masing jenis asuransi jiwa, tentunya mempunyai manfaat dan juga besaran uang pertanggungan yang beragam.

Untuk mengetahui informasi secara detail, ada baiknya jika Anda mencari informasinya terlebih dahulu, dengan cara menghubungi pihak agen asuransi yang Anda percaya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan informasi di masa yang akan datang.

Tapi yang jelas, biasanya semakin tinggi premi yang harus Anda bayar, maka semakin banyak pula manfaat serta uang pertanggungan yang akan diterima.

BACA JUGA:  6 Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik dan Tips Memilih Jasa Asuransi yang Tepat

5. Pilih produk dan layanan terbaik

Untuk menghindar kendala dalam layanan dan juga dalam klaim. Maka ketika mencari asuransi jiwa terbaik Anda perlu mencari tahu tentang aneka jenis layanan yang ditawarkan, mulai dari layanan pelanggan selama 24 jam, dan hal lainnya.

Hal ini dilakukan, untuk mempermudah Anda dalam memperoleh informasi penting, yang berkaitan dengan produk asuransi jiwa yang dimiliki. Agar Anda tidak kebingungan ketika melakukan klaim atau mencari informasi lain yang berkaitan dengan asuransi tersebut.

Memperoleh nomor telepon agen asuransi memang sangat bermanfaat, dimana Anda dapat menari aneka informasi tentang produk asuransi yang diinginkan. Hanya saja layanan yang diberikan, tidak berlaku selama 24 jam penuh.

6. Ketahui kredibilitas perusahaan asuransi

Hal lain yang juga tidak kalah penting ketika mencari asuransi jiwa terbaik adalah mencari tahu akan kredibilitas dari perusahaan asuransi itu sendiri. Untuk mencari tahu tentang kredibilitas perusahaan seperti ini, Anda perlu mencari tahu aneka review tentang layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, di mata para penggunanya.

Dari informasi seperti ini Anda akan jadi lebih tahu, kualitas layanan dan juga hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika menggunakan layanan asuransi jiwa di perusahaan asuransi jiwa tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencari asuransi jiwa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan kali ini membantu Anda dalam memilih jenis asuransi jiwa secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!